" /> " /> " /> " />

Selasa, 17 Juli 2012

Bolehkah Wanita Hamil Minum Kopi?


Bolehkan Wanita Hamil Minum Kopi?


sBolehkan Wanita Hamil Minum Kopi?

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK--Saya pengopi, bolehkah selama hamil saya tetap minum kopi? Demikian pertanyaan yang terlontar dari seorang netter pada situs ibu dan anak populer, Babycenter. 

Ada kesepakatan umum bahwa wanita hamil dan mereka yang mencoba untuk hamil harus menghindari mengkonsumsi sejumlah besar kafein. Tapi setelah beberapa dekade kontroversi dan bukti-bukti yang bertentangan, ada konsensus bahwa dalam jumlah tertentu, kafein aman selama kehamilan.

Dalam batas moderat, 200 mg kopi perhari, atau setara dengan satu cangkir, masih bisa dimaklumi. Rekomendasi ini didasarkan pada hasil penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Obstetrics and Gynecology yang menunjukkan bahwa calon ibu  yang mengkonsumsi 200 mg atau lebih kafein sehari memiliki dua kali lipat resiko keguguran dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsi kafein.

Kafein tak hanya menghadapkan ibu hamil pada risiko keguguran. Kafein dalam jumlah berlebih, juga bisa mengakibatkan pembuluh darah mengerut, yang dikhawatirkan bakal mengurangi aliran darah ke plasenta. Dan karena mudah melintasi plasenta dan mencapai bayi  (yang kemudian mencerna sangat lambat), kafein secara langsung dapat mempengaruhi sel-sel bayi yang tengah berkembang.

Sebuah studi di Denmark menemukan bahwa risiko kelahiran mati lebih dari dua kali lipat pada wanita yang minum banyak kopi tiap harinya - delapan cangkir atau lebih - dibandingkan dengan wanita yang tidak minum kopi. Beberapa studi menunjukkan bahwa konsumsi kafein tinggi sedikit dapat mengurangi berat badan lahir bayi, tetapi penelitian lain tidak menunjukkan asosiasi.

Satu studi menemukan hubungan antara konsumsi kafein ibu sama dengan tiga cangkir kopi per hari dan peningkatan risiko memiliki seorang putera yang lahir dengan testis yang tidak wajar. Penelitian lain menunjukkan bahwa bayi baru lahir yang ibunya mengkonsumsi lebih dari 500 mg kafein perhari memiliki tingkat denyut jantung  dan tingkat pernapasan lebih cepat dan menghabiskan lebih banyak waktu terjaga di beberapa hari pertama setelah lahir.

Jadi memang, kata Babycenter, sebaiknya kurangi atau hentikan kebiasaan minum kopi saat Anda tengah hamil.
Redaktur: Siwi Tri Puji B
Sumber: Babycenter

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar